Masih Sahur tapi Adzan Subuh Sudah Berkumandang, Ini Hukumnya

Masih Sahur tapi Adzan Subuh Sudah Berkumandang, Ini Hukumnya

Saking ngantuknya, kadang kamu telat bangun untuk makan sahur. Alhasil, kamu baru makan beberapa suap nasi, tapi adzan Subuh sudah berkumandang. Apa yang biasanya kamu lakukan? Bolehkah kita tetap makan dan menghabiskan makanannya atau harus memuntahkannya?

1. Waktu sahur berakhir saat adzan Subuh bukan saat imsak.

Sebelum membahas boleh atau tidaknya kamu wajib paham satu hal ini dulu. Imsak bukanlah batasan waktu sahur, melainkan peringatan yang menyarankan kita untuk mulai menahan diri layaknya orang berpuasa.  Di Indonesia, imsak biasanya 10 menit sebelum adzan Subuh. Tujuannya agar tidak kaget dan bersiap-siap sebelum adzan Subuh berkumandang.

2. Habiskan jika kamu sedang memegang suapan makanan atau segelas air.


Melansir Republika, ini adalah pendapat sebagian ulama tentang pertanyaan apakah masih boleh makan sahur ketika subuh. Mereka berpegang pada hadist dan atsar (perkataan ataupun perbuatan yang disandarkan kepada sahabat Nabi SAW).

"Jika salah seorang di antara kalian mendengar azan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia menunaikan hajatnya hingga selesai." (HR Abu Daud)


3. Namun, pendapat yang memperbolehkan dianggap tidak kuat oleh sebagian ulama.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam (maghrib)." (QS. al-Baqarah[2]: 187).

Ayat tersebut adalah alasan kenapa banyak ulama mempertanyakan kebenaran pemaknaan hadist dan atsar tersebut. Mereka beranggapan ada banyak hal yang rancu dalam hadist yang membolehkan tetap makan atau minum.

4. Agar lebih berhati-hati, sebaiknya kamu memang tidak lagi makan atau minum.

Sebagian ulama tidak memperbolehkan, bahkan mengatakan kita harus memuntahkan makanan atau minuman yang ada di mulut jika suara adzan Subuh terdengar. Bukankah jika kita bisa lebih berhati-hati dalam menghadapi keraguan itu akan lebih baik?

Jadi guys, ada dua pendapat sebagian membolehkan menghabiskan suapan terakhir atau sisa makanan yang ada di mulut. Sebagian tidak membolehkan dan mengharuskan kita untuk memuntahkan makanan atau minumannya. Kalau telanjur ditelan maka puasamu harus diganti di hari berikutnya.

Hmm, besok-besok jangan telat lagi deh ya biar nggak bingung!

Sumber : https://life.idntimes.com

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Masih Sahur tapi Adzan Subuh Sudah Berkumandang, Ini Hukumnya "

Post a Comment