Arti Kata "Takjil" Ternyata Bukan Makanan, Ini Makna Sebenarnya

Arti Kata

Tak terasa, Ramadan sudah hampir sepekan dilalui. Bagaimana puasamu? Semoga selalu diberikan kelancaran, ya. Selain ibadah dan berbagai hal baik di dalamnya, salah satu hal yang dirindukan ketika Ramadhan datang adalah takjil gratis. Bulan yang penuh kebaikan ini selalu membuat para manusia berlomba untuk berbuat kebaikan. Hingga salah satu ide yang tercipta adalah membagikan takjil gratis di jalanan atau di masjid dan musala.

Apalagi, bagi para perantau seperti mahasiswa, momen seperti takjil gratis ini tentu sangat dinantikan. Sayangnya, banyak di antara kita yang beranggapan bahwa takjil adalah istilah yang digunakan untuk mengartikan makanan atau sajian untuk buka puasa. Hingga banyak yang menyamakan takjil sebagai kolak, agar-agar, kurma, dan penganan lainnya.

Padahal, jika dikaji lebih lanjut, pengertian takjil tidak seperti itu. Takjil, adalah sebuah kosakata yang berasal dari Arab dengan makna menyegerakan. Dalam pengertian ini, maka takjil diartikan sebagai menyegerakan berbuka puasa. Karena dalam islam, menyegerakan berbuka puasa adalah sebuah anjuran.

Begitu juga dengan yang tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil juga diartikan sebagai menyegerakan atau mempercepat. Jadi setelah mengetahui makna yang sebenarnya, sebenarnya agak aneh jika akhirnya kata takjil digandengkan dengan gratis, menjadi takjil gratis. Nah, semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa meluruskan sedikit kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat kita ya. Karena sejatinya takjil itu bukan kurma, es kolak. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat berpuasa!


Sumber : https://life.idntimes.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Arti Kata "Takjil" Ternyata Bukan Makanan, Ini Makna Sebenarnya "

Post a Comment