6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Pertama Bikin Kue Lebaran

6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Pertama Bikin Kue Lebaran

Membuat kue lebaran adalah kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia, terutama umat Islam. Sebagai anak muda, mungkin ini pertama kalinya kamu mencoba membuat kue. Hati-hati ya, karena biasanya para pemula akan membuat kesalahan ini.

1. Tidak membaca resep sampai selesai.

Membuat kue itu bagaikan percobaan kimia. Semua harus serba pasti baik takaran maupun urutannya. Karena itu disarankan kamu membaca resep sampai selesai terlebih dahulu baru mencoba, bukan melihat satu-persatu sambil mulai membuat kuenya. Karena semua tahapan itu berhubungan dan akan mempengaruhi hasilnya.

2. Salah memilih pengganti bahan yang tidak ada.

Misalnya kamu membutuhkan baking soda, tapi ternyata kamu lupa beli atau kebetulan habis. Jangan sembarangan menggantinya dengan bahan lain, apalagi baking powder meski namanya mirip. Sembarangan memilih pengganti bahan akan merusak semua tatanan kue yang sedang kamu buat.

3. Mengaduk adonan secara berlebihan.

Mengaduk adonan tak hanya asal semua bahan tercampur, ada tingkatan yang harus kamu penuhi. Beberapa kue tertentu justru tidak boleh diaduk hingga terlalu kalis karena memang tujuannya tidak menghasilkan tekstur yang sangat lembut. Hasil adonan ini akan berpengaruh terhadap pengembangan kue.

4. Suhu oven yang tidak tepat.

Jika kamu menggunakan suhu oven yang terlalu panas maka bagian tepi kue akan lebih cepat matang dibandingkan bagian tengahnya sheingga kue akan terlihat mengempis. Sementara itu, jika suhunya terlalu rendah, kue juga tidak akan matang secara merata. Jadi semuanya harus pas.

5. Memanggang adonan terlalu lama.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jenis oven berpengaruh terhadap suhunya. Untuk menyiasatinya, selalu mengatur waktu 5-10 menit lebih cepat agar kamu bisa memeriksa kematangan kue yang sedang kamu buat. Kamu bisa mengeceknya berkali-kali untuk melihat seberapa lama waktu yang sebenarnya dibutuhkan dengan suhu tersebut.

6. Terlalu terburu-buru dalam prosesnya.

Berbeda dengan menggoreng atau menumis yang tingkat kematangannya bisa sesuai keinginanmu. Bikin kue nggak bisa seperti itu. Kamu nggak boleh terburu-buru, beberapa kue ada yang harus diistirahatkan dulu dalam proses pemanggangannya dan ini tidak bisa dipersingkat waktunya. Kamu harus sabar menjalankan setiap prosesnya.

Memanggang itu ilmu pasti ya, bukan kiralogi. Jadi semuanya harus tepat dari mulai penakaran, penyampuran adonan, hingga pemanggangannya.

Sumber : https://food.idntimes.com

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Pertama Bikin Kue Lebaran "

Post a Comment