Sebarkan Tips Mudah Ini, Ambil Kaca dan Julurkan Lidahmu, Ternyata Warna Lidah Menunjukkan Kondisi Kesehatanmu!

Jangan Abaikan Tips Mudah Ini, Ambil Kaca dan Julurkan Lidahmu, Ternyata Warna Lidah Menunjukkan Kondisi Kesehatanmu!

Tahukah kamu bahwa warna lidah ternyata dapat dijadikan indikator terhadap kondisi kesehatanmu. Bahkan, jauh sebelum pengobatan modern lahir, orang-orang dari Tiongkok telah sejak lama menerapkan metode pemeriksaan warna lidah untuk memprediksi kondisi kesehatan.

Lidah tersusun atas sekelompok otot yang bergabung. Adapun fungsi lidah yaitu untuk berbicara, mengecap dan menelan. Karena lidah kaya pembuluh darah dan air liur yang mengalir terus-menerus maka kondisi lidah akan terus bersih dan potensi pertumbuhan bakteri berbahaya juga relatif kecil.

Itu sebabnya, setiap perubahan warna, tekstur dan kelembapan lidah akan menentukan kondisi kesehatan. Berikut warna lidah dan artinya terhadap kondisi kesehatan seseorang:

Merah

Panas abnormal yang dihasilkan dalam tubuhmu membuat lidah berwarna merah. Lidah berwarna merah juga bisa disebabkan kekurangan vitamin dan demam berdarah.

Oleh karena itu, cukupi nutrisi harian kamu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B-12 dan vitamin B3. Ini waktunya kamu memperbanyak konsumsi daging, susu dan kacang-kacangan.

Hitam

Lidah berwarna hitam menjadi pertanda kondisi kesehatanmu yang dalam bahaya. Lidah hitam juga bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Hal ini kemungkinan karena bakteri dan jamur berkembang subur di permukaan lidah sehingga membuat lidah berwarna hitam.

Selain penyebab di atas, kebiasaan merokok, sering minum kopi dan kerap mengonsumsi makanan yang nggak sehat juga dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan ini. Usahakan untuk membersihkan lidah saat menyikat gigi agar nggak timbul masalah ini.

Kuning

Lalu bagaimana jika lidah berwarna kuning? Penyebab lidah kuning dan hitam sebenarnya cukup mirip. Lidah kuning terjadi karena pembentukan jamur pada permukaan lidah karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Selain itu, kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko tinggi penyakit jantung. Perlu juga diperhatikan, lidah kuning bisa menjadi tanda infeksi jamur. Bisa disebabkan oleh kondisi imun sistem rusak seperti diabetes.

Cokelat

Meskipun bintik-bintik cokelat pada lidah tidak menyeramkan seperti lidah berwarna hitam namun ternyata hal ini menjadi tanda kondisi kesehatan yang cukup buruk. Lidah berwarna coklat menjadi tanda-tanda awal kanker kulit yang disebut melanoma.

Jika pada lidah kamu terdapat bintik coklat yang perlahan-lahan berubah menjadi gelap, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Deteksi awal adalah cara terbaik melawan kanker. Selain itu, kanker kulit juga mudah menyebar ke organ lain.

Ungu

Apabila kamu memiliki riwayat penyakit jantung atau hipertensi maka warna lidah ini sangat perlu diwaspadai. Warna ungu pada lidah menunjukkan tingkat kolesterol yang tinggi.

Hal ini tentu akan mengancam kesehatan. Bila nggak diwaspadai bisa mengarah ke serangan jantung. Selain itu, lidah ungu juga dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam darah karena infeksi bronkitis kronis.

Putih


Warna ini menunjukkan bahwa kamu mengalami dehidrasi. Selain itu, warna ini juga bisa diakibatkan oleh infeksi jamur pada rongga mulut. Cara menghilangkannya adalah dengan mencukupi asupan air minum dan menjaga kebersihan rongga mulut.

Sementara itu, garis-garis putih pada lidah seperti sariawan yang dikenal dengan leukoplakia, diduga disebabkan oleh konsumsi barang olahan tembakau. Leukoplakia dapat disebabkan oleh asap rokok atau mengunyah daun tembakau.

Memang nggak terlalu bahaya tapi bila kamu mengalami leukoplakia lebih dari 3 kali dalam seminggu maka hal ini bisa menjadi tanda awal dari kanker rongga mulut.

Memiliki warna yang nggak normal tentu membuat hati dag dig dug. Karena itu tetap waspada dan jangan lupa untuk terus mengecek warna lidah kamu.

sumber:wowkeren

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Sebarkan Tips Mudah Ini, Ambil Kaca dan Julurkan Lidahmu, Ternyata Warna Lidah Menunjukkan Kondisi Kesehatanmu! "

Post a Comment