Sambut Ramadhan, TPA Nurusshibyan Parung Gelar Malam Tawakuf

Taman Pendidikan Alquran (TPA) Nurusshibyan Parung menggelar malam tawakuf dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H.

 BOGOR -- Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1438 H,  Bogor, Jawa Barat, mengadakan Malam Tawakuf (berhenti sementara, red), Sabtu, (20/5).

Acara yang  digelar setiap tahun,  tepatnya satu pekan jelang bulan suci Ramadhan  itu  begitu ditunggu-tunggu puluhan santri. Tak hanya itu, para orang tua santri sangat antusias menyiapkan busana Muslim dan Muslimah untuk penampilan anaknya di atas panggung. Bahkan beberapa orang tua membuat aneka snack untuk camilan yang dikemas untuk dibagikan  saat anaknya turun dari pentas.

Kegiatan  tersebut dihadiri Kepala Desa Parung Nurwidia ME Nurkim , Sekretaris Desa Parung Sudrajat, Pimpinan TPA Nurusshibyan Ustadz Mahmud Ali, Ketua RT 02/02 Erik Icad, Ketua DKM Sabilal Muhtadin Drs Sirajuddin, tokoh masyarakat Kampung Lebakwangi dan puluhan orang tua santri.

Beragam acara ditampilkan,  mulai ditadari pembacaan ayat suci Alquran,  hafalan Alquran, hafalan doa harian, pidato, shalawat, sifat 20, pembacaan aqidah dan nasyid dan qasidah. Yang menarik, saat santri tampil ke panggung, para orangtua secara spontanitas memasukkan uang ke dalam kotak yang sudah disiapkan pihak pengelola TPA Nurusshibyan di depan panggung.

Kepala Desa Parung Nurwidia ME Nurkim mengaku sangat bangga dengan geliat keagamaan di wilayah kerjanya. Selama masa kepemimpinannya, Nurwidia sampai sulit membagi waktu untuk bisa hadir dalam setiap acara keagamaan yang digelar warga masyarakat Parung yang dilakukan secara swadaya.

Malam itu, Nurwidia mengaku ada tiga undangan yang masuk ke meja kerjanya. ''Mohon maaf saya tidak mengikuti acara ini sampai selesai, malam ini ada tiga acara,'' ujar Nurwidia mengawali sambutannya.

Nurwidia yang sudah memasuki tahun keempat memimpin desa Parung mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena warganya begitu antusias dalam mengelola pendidikan Alquran. ''Alhamdulillah dengan adanya acara penutupan pengajian sementara menandakan bahwa anak-anak kita masih semangat belajar Alquran,''katanya.


Nurwidia tak lupa berdoa di hadapan ratusan hadirin yang memadati hamparan karpet merah di bawah tenda ukuran 8x4 meter untuk keberkahan kampung Lebak wangi. ''Muridnya banyak, semoga menjadi berkah, para generasi muda menjadi berguna bagi bangsa, berguna bagi masayarakat. Ada yang jadi kepala desa, ada yang jadi ustadz bahkan sampai ada yang jadi presiden. Amin,'' ujarnya seraya mohon maaf jika di bawah kepemimpinan belum maksimal dalam melayani warga di pemerintahan desa Parung.

Dalam kesempatan itu Nurwidia berharap kepada  jamaah agar  selalu bisa meningkatkan iman takwa. Bisa menjalankan puasa dengan khusuk dan mengisi Ramadhan dengan amalan sunah dan wajib. ''Saya titip generasi penerus yang masih butuh bimbingan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat,'' tandasnya.

Pimpinan TPA Nurusshibyan Ustadz Mahmud Ali mengajak seluruh kaum Muslimin khususnya di Kampung Lebakwangi  mempelajari Alquran dengan seksama. ''Alhamdulillah berkat dukungan orang tua sudah banyak  lulusan dari sini yang fasih membaca Alquran,''katanya.
Mahmud mengatakan,  santri yang belajar Alquran di rumahnya ada 90 orang. Mereka mempunyai latar belakang bervariasi,  mulai dari usia pra sekolah sampai mahasiswa.

Kegiatan Malam Tawakuf tersebut bertujuan  untuk menguji mental anak- anak tampil di hadapan masyarakat. ''Sementara pengajian kita tawakufkan, karena sebentar lagi  masuk Ramadan,'' ujarnya.

Mahmud mengajak kepada seluruh orang tua membimbing tadarusan selama Ramadan. ''Kewajiban orang tua mendidik anaknya membaca Alquran. Saya hanya dititipkan sama orang tua untuk mengajar ngaji Alquran. Mudah-mudahan kita bisa mengajak anak-anak mempelajari Alquran setiap hari,” papar Mahmud.

Sumber : http://khazanah.republika.co.id

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Sambut Ramadhan, TPA Nurusshibyan Parung Gelar Malam Tawakuf "

Post a Comment