Mengintip Berbagai Tradisi Ramadan di Serambi Mekah

Mengintip Berbagai Tradisi Ramadan di Serambi Mekah

Provinsi Aceh adalah salah satu daerah di Indonesia yang menerapkan syariat islam dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai daerah yang sering disebut serambi mekah, tentu kemeriahan dan suka cita dalam menyambut bulan suci Ramadan berbeda dengan daerah lainnya. Mari kita simak kemeriahan apa saja selama bulan Suci Ramadhan di Provinsi Aceh:

Tradisi Meugang.

acehnews.net
Sebelum memasuki bulan Ramadan, masyarakat Aceh memiliki tradisi yang dinamakan Meugang. Meugang adalah kegiatan memasak daging sapi sehari sebelum memasuki bulan puasa. Hasil memasak daging sapi tersebut biasanya sebagian dibagikan kepada sanak saudara ataupun tetangga yang tidak mampu untuk memasak daging sapi. Tradisi ini biasanya membuat harga daging sapi melambung mencapai Rp 180.000 /Kilogram.

Masjid kebanjiran buka puasa dan infak.

acehnews.net
Tidak diragukan lagi, pada saat Bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan. Hal ini juga dilakukan umat muslim di Aceh. Hampir di setiap Masjid menyediakan hidangan buka puasa. Selain itu, infak satu malam pada saat sholat tarawih yang didapatkan mesjid jumlahnya cukup besar, bahkan salah satu mesjid di Banda Aceh mampu meraup infak Rp 10 juta untuk satu kali pelaksanaan salat tarawih.

Bermacam-macam penjual makanan berbuka puasa.



helloacehku.com
Menjelang berbuka puasa, di setiap sudut jalan yang strategis bermunculan pedagang yang menjual hidangan berbuka puasa. Pedangan dadakan yang muncul hanya pada bulan Ramadan ini menjual berbagai jenis makanan dan minuman yang cukup menggugah selera.

Salat Tahajud berjamaah.


santrigaul.net
Ada yang istimewa di Aceh, yaitu semangat orang Aceh untuk mendapatkan malam seribu bulan atau biasa disebut lailatul qadar. Hal ini ditunjukan dengan ramainya jamaah Iktikaf dan salat Tahajud berjamaah yang dilakukan pada sepuluh malam terakhir pada Ramadan.

Sumber : https://ramadan.idntimes.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Mengintip Berbagai Tradisi Ramadan di Serambi Mekah "

Post a Comment