Harga Bahan Terus Melangit, Ini 5 Tips Berhemat Selama Ramadan

Harga Bahan Terus Melangit, Ini 5 Tips Berhemat Selama Ramadan

Bulan Ramadan seringkali membuat pengeluaranmu membengkak? Padahal kamu justru ingin berhemat. Nyatanya, kamu justru seringkali menghidangkan makanan berbuka secara besar-besaran. Lalu, gimana ya biar bulan puasa tetap bisa berhemat? Bukan hal yang mustahil kok untuk menghemat pengeluaran saat bulan puasa, coba deh ikuti tips ini!

1. Belanja di awal bulan dalam jumlah besar.

shopping-cart-87bc208ad34b00e9475a4a5bcf194a73.jpgbanda.ie
Meskipun kelihatannya barang yang kamu beli terlihat banyak, tapi belanja dalam jumlah besar bisa lebih hemat lho! Terkadang beberapa toko juga memberikan harga lebih murah pada barang yang diberi dalam jumlah banyak. Lebih baik lagi jika kamu belanja satu minggu sebelum bulan Ramadan sebelum harga bahan pokok naik. Perhatikan diskonnya ya!

2. Batasi berbuka di luar rumah.

beauty-blogger-gathering-bio-oil-565dd69deb1ef18c5bdbb3a216340cfd.jpg57odysseygemini
Pasti kalau Bulan Ramadan banyak banget ajakan untuk berbuka puasa bukan? Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, semuanya mengajak berbuka puasa bersama sekaligus untuk reuni. Coba deh kamu bikin prioritas, mana buka bersama yang memang benar-benar harus kamu datangi. Kalau kamu terlalu memaksakan untuk mengikuti semuanya, jangan harap kalau pengeluranmu tidak membengkak ya...
3. Buat cemilan takjil sendiri.
4-tempat-bersantap-takjil-bubur-manis-di-jakarta-160609i-7cb32398a56e3d9849d3d3e7208fcd36.jpgmoney.id
Daripada beli di luar, mending buat sendiri kan cemilan untuk takjil. Hitung-hitung sambil mengisi waktu ngabuburit. Kalau sedang kepepet, kamu bisa rutin pergi ke masjid untuk berburu takjil, sekaligus melanjutkan ibadah salat Magrib. Ide bagus kaan?

4. Jaga kualitas dan pola makan.

1-grh-qalzwgzvp-bucn95vw-009f048dfc231f4dc46eab02fe8c0d29.jpegthomasdespin.com
Kebanyakan masyarakat menganggap puasa menjadi sesuatu yang harus dirayakan. Boleh saja menyambutnya dengan bahagia, asal tidak berlebihan. Misalnya saat berbuka puasa. Gak perlu lah kamu makan tiap hari di restoran mewah, asala gizi kamu terpenuhi sudah cukup kok. Dengan pola makan seperti ini, tentu saja pengeluaranmu akan bisa dikontrol dengan baik.

5. Manfaatkan promo dan diskon.

sandal-f0f122e93f74f13fcfbb29a3be44cdad.jpggadgetkoe.com
Ini bisa jadi kesempatanmu saat berbelanja atau memilih tempat untuk buka bersama. Kamu bisa pilih restoran yang menyediakan diskon khusus saat Bulan Ramadan. Kamu juga harus cermat perhatikan diskon-diskon barang yang kamu butuhkan. Pilihan lainnya, kamu bisa berbelanja ke pasar tradisional untuk mendapat harga yang lebih murah. Luangkan waktu pagi hari atau malam usai tarawih ya.

Sumber : https://ramadan.idntimes.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Harga Bahan Terus Melangit, Ini 5 Tips Berhemat Selama Ramadan "

Post a Comment