SUBHANALLAH....! !" TERNYATA PENGERTIAN TAQWA GAMPANG UNTUK DIMENGERTI DAN DI AMALKAN DALAM ISLAM "

Pengertian serta Kedudukan Taqwa Dalam Islam



Islamiqpos - Pengertian serta kedudukan Taqwa Dalam IslamSahabat dunia islam, Kedudukan Taqwa begitu penting Dalam Islam serta kehidupan manusia. Utamanya kedudukan taqwa itu diantaranya bisa diliat dalam catatan tersebut. Dijelaskan di satu hadis kalau Abu zar al-Gifari, disuatu hari, memohon nasehat pada Rasulullah. Rasulullah menasihati al-Gifari, “Supaya ia taqwa pada Allah, lantaran taqwa yaitu pokok segala pekerjaan muslim. Dari nasehat Rasulullah itu bisa ditarik satu rangkuman kalau taqwa yaitu pokok (pangkal) semua pekerjaan muslim.

Didalam surat al Hujurat (49) ayat 13, Allah menyampaikan kalau, “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara anda disisi Allah adalah orang yang paling taqwa di antara anda. Sebenarnya Allah Maha Tahu lagi Maha Mengetahui. ”

Pengertian Taqwa yang gampang untuk di mengerti serta diamalkan seperti berikut :

Pertama, Tawadhu’ yaitu rendah hati, tak sombong. Pengertian yang lebih dalam yaitu bila kita tak lihat diri kita mempunyai nilai plus dibanding hamba Allah yang lain. Orang yang tawadhu’ yaitu orang mengerti kalau semuanya kesenangan yang didapatnya bersumber dari Allah SWT. Yang dengan pemahamannya itu jadi tak pernah terbersit sedikitpun dalam hatinya kesombongan serta terasa tambah baik dari orang lain, tak terasa bangga dengan potrensi serta prestasi yang
telah diraihnya. Ia tetaplah rendah diri serta senantiasa melindungi hati serta niat semua amal shalehnya dari semua suatu hal terkecuali Allah. Tetaplah melindungi keikhlasan amal ibadahnya cuma lantaran Allah. Tawadhu adalah berlaku tenang, sederhana serta sungguh-sungguh menjauhi perbuatan takabbur (sombong), maupun sum’ah menginginkan di ketahui orang lain amal kebaikan kita.

Kedua, Qanaah adalah terima dengan cukup.

Qanaah itu memiliki kandungan lima perkara :

Terima dengan ikhlas akan apa yang ada.
Memohonkan pada Tuhan tambahan yang layak, serta berupaya.
Terima dengan sabar akan ketentuan Tuhan.
Bertawakal pada Tuhan.
Tak tertarik oleh tipu daya dunia.
Tersebut yang dinamakan Qanaah, serta tersebut kekayaan yang sesungguhnya.

Rasulullah saw bersabda :

“Bukanlah kekayaan itu karena banyak harta,, kekayaan adalah kekayaan jiwa”.

berarti : Diri yang kenyang dengan apa yang ada, tidaklah terlalu haloba serta cemburu, bukanlah orang yang memohon lebih terus menerus. Kerana bila masihlah memohon lebih, tandanya masihlah miskin.

Ketiga, Wira’i datang dari kata ‘wara’ yang berarti melindungi diri atau bertakwa. Hingga wira’i yaitu malu berbuat maksiat pada Allah serta manusia. Diluar itu wira’i juga disimpulkan sebagai satu sikap menghindari diri dengan beberapa hal yang haram serta syubhat. Lantaran wira’i adalah inti agama serta yang ada dikawasan itu adalah pangkal kebaikan untuk beberapa ulama yang mengamalkan ilmunya. Seandainya semangat wirai terbangun dalam kehidupan orang-orang serta bernegara, jadi akan tidak berlangsung beberapa aksi tidak terpuji seperti pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, korupsi, serta lain sebagainya.

Ke empat, Yaqin yaitu yakin. Tujuannya adalah yakin dengan sepenuh hati apa yang ditangani nya serta bersungguh2 untuk memperoleh Ridha dari Allah SWT.

Wallahu A’lam*

Sumber : http://www.kabarterkinionline.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " SUBHANALLAH....! !" TERNYATA PENGERTIAN TAQWA GAMPANG UNTUK DIMENGERTI DAN DI AMALKAN DALAM ISLAM " "

Posting Komentar