SUBHANAALLAH ..!! TERNYATA MEMELIHARA ANAK YATIM MEMPUNYAI KEDUDUKAN DI SURGA,ITU JANJI ALLAH BENARKAN HADIST ITU LIHAT SELENGKAPNYA...??






Islamiqpos - Pahala Serta Keutamaan Menyantuni Anak Yatim PiatuDunia Islam – Tersebut disini info sebagian Pahala serta keutamaan menyantuni anak yatim piatu yaitu seperti berikut :

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Piatu

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Berarti : “Aku serta orang yang memikul anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyaratkan jari telunjuk serta jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan agak merenggangkan keduanya 1.

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan serta pahala orang yang menyantuni anak yatim, hingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab : keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Sebagian faidah utama yang terdapat dalam hadits ini :

Arti hadits ini : orang yang menyantuni anak yatim didunia bakal tempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam 2.
 Makna “menanggung anak yatim” yaitu mengurus serta memerhatikan semuanya kepentingan hidupnya, seperti nafkah (makan serta minum), baju, mengasuh serta mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar
Yang disebut dengan anak yatim yaitu seseorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelumnya anak itu meraih umur dewasa.

Keutamaan dalam hadits ini belaku untuk orang yang menyantuni anak yatim dari harta orang tersebut atau harta anak yatim itu bila orang itu betul-betul yang memperoleh keyakinan untuk itu
Demikian juga, keutamaan ini berlaku untuk orang yang menyantuni anak yatim yang miliki jalinan keluarga dengannya atau anak yatim yang sekalipun tak miliki jalinan keluarga dengannya.
Ada banyak hal yang perlu di perhatikan berkenaan dengan mengasuh anak yatim, yang ini kerap berlangsung dalam masalah “anak angkat”, lantaran ketidakpahaman beberapa dari golongan muslimin pada hukum-hukum dalam syariat Islam, salah satunya :

Larangan menisbatkan anak angkat/anak asuh pada terkecuali bapak kandungnya, berdasar pada firman Allah Subhanahu wa
Ta’ala :
“Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (menggunakan) nama bebrapa ayah (kandung) mereka ; tersebut yang lebih adil di segi Allah, apabila anda tak tahu bebrapa ayah mereka, jadi (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama serta maula-maulamu” (QS al-Ahzaab : 5).

Anak angkat/anak asuh tak memiliki hak memperoleh warisan dari orangtua yang mengasuhnya, tidak sama dengan rutinitas di jaman Jahiliyah yang berasumsi anak angkat seperti anak kandung yang memiliki hak memperoleh warisan saat orangtua angkatnya wafat dunia.

Anak angkat/anak asuh tidaklah mahram, hingga harus untuk orangtua yang mengasuhnya ataupun anak-anak kandung mereka untuk menggunakan hijab yang menutupi aurat di depan anak itu, seperti saat mereka di depan orang lain yang bukanlah mahram, tidak sama dengan rutinitas di saat Jahiliyah.

Pahala Mengasuh Anak Yatim Piatu

Berbahagialah beberapa orang yang di tempat tinggalnya ada anak yatim lantaran Rasulullah memberi jaminan pertama, mempunyai pahala yang setaraf

dengan jihad. Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barang siapa yang mengasuh tiga anak yatim, jadi seperti bangun saat malam hari serta puasa pada siang harinya, serta seperti orang yang keluar tiap-tiap pagi serta sore menghunus pedangnya untuk berjihad di jalan Allah. Serta nantinya di surga bersamaku seperti saudara, seperti ke-2 jari ini, yakni jari telunjuk serta jari tengah. ” (H. R. Ibnu Majah)

Ke-2, memperoleh perlindungan di hari kiamat. Rasulullah Saw. bersabda, “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran, di hari kiamat Allah Swt. akan tidak mengazab orang yang mengasihi anak yatim, serta berlaku ramah padanya, dan bertutur kata yang manis. Dia betul-betul menyayangi anak yatim serta menyadari kekurangannya, serta tak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang didapatkan Allah padanya. ” (H. R. Thabrani)

Ke-3, masuk surga dengan gampang. Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang pelihara anak yatim di dalam golongan muslimin untuk berikan makan serta minum, jadi tentu Allah memasukkannya kedalam surga, terkecuali bila ia sudah berbuat dosa yang tidak bisa diampuni. ” (H. R. Tirmidzi)

Demikaian kajian mengenai Pahala Serta Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Piatu dalam kabarterkinionline.com mudah-mudahan mungkin saja bahan reverensi untuk tingkatkan iman kita.

Berbagikan artikel ini kepada handai tolan supaya kita menadapat surganya allah,amin !!

Sumber : http://www.kabarterkinionline.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " SUBHANAALLAH ..!! TERNYATA MEMELIHARA ANAK YATIM MEMPUNYAI KEDUDUKAN DI SURGA,ITU JANJI ALLAH BENARKAN HADIST ITU LIHAT SELENGKAPNYA...?? "

Posting Komentar