((Please Luangkan Waktumu Sebentar Untuk Membaca Artikel Ini))Ayo Sayangi Jantung Anda Mulai Sekarang Juga !!! Karena Sedikit Saja Bermasalah Pada Jantung Nyawa Taruhanya'TOLONG ARTIKEL INI JANGAN PUTUS PADA ANDA,BANTU SAYA UNTUK SHARE KE TEMAN TEMAN YANG LAIN AGAR BERMANFAAT !!!



Islamiqpos - Ditukar bagaimana dok? Tr4nspl4nt4si maksudnya?

Iya pak, tr4nspl4nt.

Dimana dok bila ingin tr4nspl4nt?

Ngga di Indonesia pak yang pasti. Kita belum mempunyai program donor organ.

Apabila LVAD apa itu dok?

LVAD itu pompa jantung buatan manusia yang dapat bekerja menukar faedah jantung sebagai pompa waktu fungsinya terganggu.

Bila pakai LVAD bagaimana?

Oh itu tinggal berkunjung saja kesebelah pak. Ke Malaysia. Di sana sudah teratur kerjakan.

Berapakah biayanya dok?

Siapkan saja 1, 5 M pak.

Waduh mahal banget. Apa ngga ada langkah lain?

Coba geser kewarganegaraan Malaysia, bila bisa, paling cuma keluar sebagian juta. Bekasnya di jamin pemerintah Malaysia.

Bagaimana dok langkahnya apabila saya ingin geser kewarganegaraan?

#@#!? #@? # Bertanya petugas imigrasi deh pak apabila tentang hal semacam itu.

--------------------------------------------------------------------

Yang diatas cuma dialog imajiner yang semestinya saya berikan blak-blakan pada pasien saya, laki-laki 33 th. yang terkena serangan jantung th. lalu. Saat ini setelah saya echo manfaat jantungnya hanya tersisa seputar 12%, tetapi seandainya hal semacam itu di berikan waduh bebrapa dapat orangnya stress dan wafat besok-besok.

Orang sakit jantung wafat karena stress pernah ada, dulu ada pasien penyakit jantung rematik yang seluruhnya katup jantungnya rusak, lantas ada yang keceplosan komentar " kok tetap masih bisa hidup? ". Pasiennya stress ngga ingin makan lantas besoknya wafat. Walaupun sebenarnya pada awal mulanya keadaannya sudah stabil.

Jadi saya selalu berpikiran sikap positif hadapi cobaan/penyakit itu sangat paling utama. Buat apa kabar jelek di berikan apabila pemecahannya memang belum ada di sini. Saya umumnya cukup katakan bila manfaat jantungnya terganggu, perlu dibantu obat-obatan, doa dan tawakal yang ngga dapat putus plus berhenti merokok. Kita sebagai manusia hanya bisa berupaya, mudah-mudahan yang diatas kasih jalan terbaik.

Jantung yaitu sisi tubuh manusia yang banyak bekerja. Sehari-harinya jantung berdetak hingga 100. 000 kali. Selama manusia hidup jantung berdetak sekitar 2, 5 milyar kali. Besar sekali jasanya organ ini... Sekalinya rusak/miliki masalah penyembuhannya akan sangat mahal. Jadi anda harus sangatlah menyayangi jantung anda.

Langkahnya :
1. Janganlah dibiarkan jantung berupaya keras melawan tekanan d4r4h yang tinggi. Optimis desakan d4r4h sistolik anda selalu di bawah 140 mmHg (130 mmHg apabila mempunyai diabetes). Apabila tidak memiliki desakan d4r4h tinggi (hip3rt3nsi), periksakanlah tekanan d44h anda dengan cara berkala, sekurang-kurangnya setahun sekali. Apabila sudah terdiagnosis hip3rt3nsi dan diobati, optimis obatnya diminum teratur dan desakan d4r4h terbangun selalu rendah, bila perlu check demikian kali dalam sehari. Beli saja tensimeter digital untuk memantau desakan d4r4h anda saat dirumah. Jika selalu tinggi, jangan sampai sangsi untuk berkonsultasi ke dokter anda.

2. Apabila memiliki diabetes janganlah dibiarkan pembuluh d4r4h jantungnya rusak karena gula d4r4h yg tidak teratasi. Berobatlah teratur, jangan pernah kandungan HBA1C anda diatas 7. Jadilah pasien yang rewel : Dok, obat sudah dikonsumsi, makanan dijaga, tetapi kok gula d4r4h saya tetap tinggi. Apa obannya perlu ditukar?

3. Janganlah dibiarkan gigi anda rusak tidak terpelihara. Sisa akar gigi jadi sumber kuman yang bisa mengedar bebas dalam d4r4h, hinggap di katup jantung dan menyebabkan rusaknya jantung (endokarditis). Ada gigi bolong? Walaupun tidak ada keluhan, mampirlah ke dokter gigi.

4. Apabila sakit tenggorokan, terutama untuk anak-anak, janganlah dilewatkan tidak terobati. Datanglah ke dokter, optimis sakit tenggorokan tidak karena oleh bakteri. Bakteri seperti streptococcus pada beberapa orang bisa menyebabkan timbulnya rangkaian reaksi imun yang mengakibatkan rusaknya katup jantung. Angka peristiwanya di Indonesia tetap masih sangat banyak. Walau sesungguhnya langkah menghindarnya sangat mudah.

5. Janganlah dibiarkan lemak berlebihan beredar bebas, lantas ditimbun di pembuluh d4r4h. Lakukan kontrol lemak d4r4h dengan cara berkala apabila memang tinggi dikarenakan segi genetik minum obat penurun kandungan lemak dengan teratur, apabila tidak makanlah makanan yang sehat, rendah cholesterol, tidak berminyak, dan tinggi serat.

6. Olahraga lah dengan teratur. Jantung seperti otot tubuh yang lain yakni orang yang sangat mudah sesuaikan sesuai sama keperluan. Apabila anda memiliki desakan d4r4h tinggi otot jantung akan menebal sampai bisa bekerja penuhi keperluan tubuh meskipun desakannya yang tinggi. Apabila ada beberapa ototnya yang mati pasca serangan, otot yang tetap masih sehat akan bekerja lebih keras. Tetapi bila jalan terus-menerus ya gunanya akan terganggu juga. Olahraga yang teratur akan bikin jantung yang sehat, yang bisa bekerja lebih efektif dan lebih tahan saat diberi beban berat. Resiko terjadinya serangan jantung bakal alami penurunan pada mereka yang olahraga teratur.

7. Apabila ingin h4m!l rencanakan lah terlebih dulu. Periksakan dulu ada tidak infeksi virus yang bisa menyebabkan kelainan kongenital pada anak. Periksakan TORCH (Toxo, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes) dulu. Jangan pernah h4m!l terus menerus, terlalu muda (18 th.) atau terlalu tua (35 th.) karena resiko komplikasi tinggi. Termasuk satu diantaranya resiko terjadinya p3rip4rtum cardiomiopathy atau tidak berhasil jantung saat k3h4mil4n.

8. Janganlah merokok, rokok menganggu manfaat endotel pembuluh d4r4h sampai rsecara akut tekanan d4r4h akan jadi tambah. Sistem penimbunan lemak pada pembuluh d4r4h (ather*skler*sis) juga jalan lebih cepat pada perokok. Rokok juga mengganggu kerja trombosit, komponen d4r4h yang berperan dalam system pembekuan d4r4h. Trombosit lebih mudah rusak dan lebih mudah menempel (agregasi) keduanya bikin gumpalan d4r4h, penyebab terjadinya serangan jantung & stroke. Oleh karena itu perokok lebih riskan terserang penyakit jantung dan pembuluh d4r4h.

Pasien saya yang masih tetap muda dan butuh jantung baru ini perokok berat loh. Saat ini sudah ngga aneh muda-muda terkena serangan jantung. Setiap saat di bertanya, merokok ya? Iya.

Atau jawabnya : sudah berhenti dok.

Kapan berhentinya? Tempo hari dok (saat nyeri dada, sembari tersenyum kecut)

Semoga infonya bermanfaat.
Selamat berpuasa.

Oleh : dr. Erta Priadi Wirawijaya

Sumber : http://www.mediaterhangat-terpopuler95.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " ((Please Luangkan Waktumu Sebentar Untuk Membaca Artikel Ini))Ayo Sayangi Jantung Anda Mulai Sekarang Juga !!! Karena Sedikit Saja Bermasalah Pada Jantung Nyawa Taruhanya'TOLONG ARTIKEL INI JANGAN PUTUS PADA ANDA,BANTU SAYA UNTUK SHARE KE TEMAN TEMAN YANG LAIN AGAR BERMANFAAT !!! "

Posting Komentar