NIH...!!! DAMPAK BURUK KEBIASAAN TIDUR DEKAT PONSEL

DAMPAK-BURUK-KEBIASAAN-TIDUR-DEKAT-PONSEL

Islamiqpos - Apa Akibatnya Jika Sering Tidur Dekat Dengan Ponsel, HP, Samrtphone, Handphone? - Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, penggunaan ponsel menjadi suatu kebutuhan yang cukup sulit untuk ditinggalkan. Saat ini ponsel terlebih smartphone bukan lagi berfungsi sebatas alat komunikasi, melainkan lebih daripada itu, smartphone layaknya banda ajaib yang bisa memiliki banyak fungsi. Mulai untuk sarana hiburan, mencari informasi, sebagai alat untuk melakukan transaksi online dan masih banyak lagi lainnya.

Sepertinya kita tidak bisa meninggalkan 1 jam-pun dengan yang namanya smarthone, Nah karena segitu kompleksnya fungsi smartphone maka tak heran jika saat ini tidak sedikit yang menaruh smartphonenya di dekat tempat tidur. Yang tanpa di sadari kebiasaan tersebut bisa berdampak negatif buat kesehatan.

Dampak BurukTidur di Dekat Ponsel
1. Tidak dapat tidur tenang

Keberadaan smartphone dapat membuat seseorang kurang dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak. Hal ini dikarenakan rasa penasaran ataupun keinginan untuk terus menerus mengecek keadaan ponsel entah sekedar memeriksa pesan yang masuk ataupun keinginan mengoperasikan ponsel semata. Dengan demikian, pengguna menjadi selalu was-was, gelisah dan tegang hingga waktu tidurnya pun diabaikan.

2. Serangan jantung

Jenis penyakit yang satu ini merupakan penyakit berbahaya yang bahkan beresiko kematian bagi penderitanya. Pada beberapa kasus yang terjadi, seorang penderita penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia setelah mendengar dering ponselnya di saat malam. Hal ini disangkutkan dengan rasa kaget akibat dering ponsel yang mendadak sehingga mengakibatkan datangnya serangan jantung.

3. Memperparah alzheimer

Jenis penyakit yang satu ini memang tidak menular dan biasanya menyerang mereka yang telah berusia lanjut. Meski demikian, kebiasaan tidur di dekat smartphone dapat mempercepat seseorang terkena penyakit alzheimer akibat radiasinya.
4. Rasa lelah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, keberadaan ponsel dapat membuat tidur seseorang menjadi kurang nyaman dan nyenyak. Akibatnya tubuh menjadi mudah merasa lelah karena waktu tidur yang kurang. Jika sudah demikian,  aktivitas keesokan harinya akan terganggu dan hasil pekerjaan yang diselesaikan pun menjadi kurang maksimal.

5. Gangguan metabolisme

Gangguan kesehatan lain yang terjadi akibat tidur di dekat ponsel adalah masalah metabolisme. Saat malam hari ketika seseorang tertidur, sistem metabolisme akan bekerja secara aktif.  Kinerja metabolisme tersebut akan terganggu jika seseorang mengalami tidur tidak nyenyak akibat paparan radiasi. Akibatnya proses detoksifikasi racun serta pencernaan makanan akan terganggu.

6. Tumor otak

Radiasi ponsel dapat memicu terbentuknya neoplasma yang berasal dari regenerasi sel yang tidak wajar. Meksi tumor otak banyak ditemukan pada mereka yang telah dewasa, namun nyatanya, ada pula kasus tumor otak yang diderita oleh anak-anak.

7. Penyebab kanker

Jenis penyakit mematikan yang satu ini dapat terjadi akibat radiasi ponsel yang tidak dijauhkan saat tidur. Radiasi dari ponsel tersebut berpengaruh pada pembelahan sel dalam tubuh menjadi tidak terkontrol.

Akibatnya, sel yang tidak normal akan menyerang jaringan tubuh yang secara rutin berdekatan dengan ponsel seperti halnya telinga ataupun kulit. Pada kasus lain, ada pula orang yang mengidap kanker perut akibat kebiasaan menindih ponsel saat tidur.

8. Luka akibat ponsel meledak

Pernah diberitakan pada media massa, mulai dari surat kabar serta televisi dimana seorang pengguna ponsel terluka akibat ledakan ponsel. Hal ini terjadi ketika pengguna tersebut tengah mengisi daya ponsel hingga penuh namun lupa untuk mencabutnya. Akibatnya ponsel menjadi panas dan memicu meledaknya ponsel hingga terbakar.

9. Sakit kepala

Kebiasan tidur di dekat ponsel dapat menyebabkan sakit kepala terlebih pada mereka yang sensitif terhadap gelombang RF. Bukan hanya memicu sakit kepala, namun gelombang tersebut juga dapat memicu gejala mual-mual serta muntah.

Penggunaan ponsel memiliki manfaat yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, ada baiknya anda memperkecil resiko terjangkitnya penyakit akibat ponsel, dengan cara menjauhkan ponsel saat tidur.

Referensi:
https://keluarga.com/1381/9-dampak-negatif-tidur-dekat-ponsel
http://syahnazandheen.blogspot.co.id/2012/11/dampak-radiasi-ponsel-bagi-kesehatan.html
Kontributor: Nurina
Link Sumber : http://www.abuazmashare.id/2016/12/nih-dampak-buruk-kebiasaan-tidur-dekat.html#ixzz4VALCJ5oP

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " NIH...!!! DAMPAK BURUK KEBIASAAN TIDUR DEKAT PONSEL "

Poskan Komentar