LUAR BIASA !!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. Jangan Lupa Di Bagikan Ya..!




Islamiqpos - Pakis yaitu tanaman berupa rumpun, yang umumnya tumbuh baik didaerah kering serta lembab serta dibawah lingkungan yang teduh. Waktu musim seminya (sekitaran April dan Mei), pakis akan menumbuhkan tunas daun muda yang masihlah kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung yang serupa dengan kepala biola. Daun pakis muda yang dapat digunakan sebagai sayur biasanya sebelum daun itu jadi mekar.





Pakis bertangkai hijau tua yang memiliki ukuran sekitaran 4 cm, dengan meraih ketinggian sekitaran 10-12 cm dari permukaan tanah. Tunas ditutupi dengan sisik berwarna coklat, yang perlu dikerok dahulu sebelumnya dimasak. Daun pakis muda rasanya lembut, dengan rasa yang serupa dengan asparagus, atau buncis dengan struktur yang renyah.



Sayur pakis (Diplazium esculentum), banyak di kenal dibeberapa negara sebagai sayuran, umpamanya India, Nepal, sampai dibeberapa daerah di Amerika serta Kanada. Di indonesia sendiri daun pakis muda telah lama digunakan sebagai sayuran yang cukup disukai, lantaran rasa serta teksturnya yang unik serta lezat.



Manfaat tunas daun Pakis untuk kesehatan



Pakis rendah kalori serta Memiliki kandungan Omega 3



Pakis mempunyai banyak kandungan nutrisi utama, tetapi Tunas pakis muda keriting cuma memiliki kandungan 34 kalori per 100 g. Walau sekian, pakis mempunyai profil gizi yang berkwalitas tinggi, seperti terbagi dalam manfaat antioksidan, vitamin, dan senyawa utama lain yakni omega-3 serta omega-6.



Tinggi vitamin A



Daun pakis segar begitu tinggi antioksidan vitamin A, serta karoten. 100 g pakis memiliki kandungan 3617 IU atau 120% keperluan harian vitamin A yang direferensikan. Vitamin A yaitu anti-oksidan alami kuat serta dibutuhkan oleh badan untuk melindungi integritas kulit serta membran lendir. Vitamin A juga adalah vitamin yang begitu utama untuk pandangan. Studi penelitian tunjukkan kalau makanan yang kaya vitamin A alami akan menolong tubuh terlindungi dari kanker paru-paru serta kanker rongga mulut.



Mengandung senyawa flavonoid



Pakis yaitu sumber yang begitu baik dari banyak senyawa flavonoid poli-fenolik alami, seperti Alfa karoten serta Beta karoten. Karoten pada badan mengkonversi ke vitamin A.



Pakis Tinggi vitamin C



Rasa pakis yang manis serta unik datang dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis segar memiliki kandungan 26, 6 mg atau 44% dari yang dibutuhkan badan dalam satu hari. Vitamin C vitamin larut air yang mungkin sebagai anti-oksidan. Bersama dengan senyawa flavonoid seperti karoten, Vitamin A membantu mencegah radikal bebas berbahaya, dan perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu serta demam.



Memiliki kandungan kalium tinggi



Tunas daun pakis yaitu sumber yang begitu
baik dari mineral serta elektrolit, terlebih kalium, zat besi, mangan serta tembaga. 100 g tunas pakis fresh memiliki kandungan 370 mg atau 7% dari level kalium yang diperlukan /hari. Kalium adalah elektrolit yang baik untuk jantung, yakni yang bakal menolong untuk kurangi desakan darah serta detak jantung dengan melawan resikonya dari sodium.



Kaya beberapa jenis dari vitamin B Kompleks



Bukan hanya itu, pakis juga kaya vitamin esensial yang paling diperlukan oleh badan, yakni sebagian vitamin dari grup vitamin B. Sebagian dari vitamin B kompleks itu yaitu seperti niacin, riboflavin, serta thiamin.



Kandungan gizi lengkap tunas daun pakis (Matteuccia struthioreris) muda mentah segar.



Nilai gizi





per 100 g – Presentasi Nilai Gizi (RDA)

(Sumber : USDA)



Daya 34 Kcal 1, 7%

Karbohidrat 5, 54 g 4%

Protein 4, 55 g 8%

Keseluruhan Lemak 0. 40 g 2%

Kolesterol 0 mg 0%

Vitamin

Niacin 4, 980 mg 31%

Riboflavin 0. 210 mg 16%

Thiamin 0. 020 mg 1, 5%

Vitamin A 3617 IU 120, 5%

Vitamin C 26, 6 mg 44% Elektrolit

Sodium 1 mg 1%

Kalium 370 mg 8%

Mineral

Kalsium 32 mg 3%

Tembaga 0. 320 mg 35, 5%

Besi 1, 31 mg 16%

Magnesium 34 mg 8, 5%

Mangan 0. 510 mg 22%

Selenium 0, 7 mcg 1%

Zinc 0. 83 mg 7, 5%

Phyto-nutrisi

Karoten-ß 2040 ug –

Karoten-α 261μg -

Cara mengolah, memilih dan peyimpanan Pakis



Untuk memperoleh tunas Pakis, pilih hanya yang masihlah fresh yang ditandai dengan ciri hijau jelas, tegas, melingkar erat. Janganlah beli pakis yang telah mekar serta besar, lantaran sudah jadi kayu serta keras.



Tunas atau daun pakis muda mesti dipakai waktu masihlah segar, bila tak taruh dalam lemari es dalam kondisi terbungkus plastik, dengan setelan kelembapan yang relatif tinggi bakal tetaplah segar sampai 2-3 hari.



Sebelumnya dimasak, kerik sisi-sisik coklat pada tunas dengan memakai kuas atau kain. Potong batang terlebih ujungnya yang melingkar, buang sisi bawah yang telah mengeras. Bersihkan bersih semuanya sisi dengan air dingin. Lalu pakis di rebus dengan air asin/air garam sepanjang 1-2 menit. Tiriskan serta buang airnya. Sistem ini dapat diulang dua hingga tiga kali untuk menyingkirkan rasa pahit serta lendir.



Pakis mempunyai struktur yang renyah. Pakis segar biasanya dapat dimasak dengan seperti yang dikerjakan pada asparagus. Overcook bakal bikin pakis jadi lembut serta lembek. Pakis dapat juga dikukus, ditumis, digoreng, atau digabung dengan sayuran, kacang-kacangan, atau makanan laut.



Keamanan makan Pakis



Tak semuanya jenis pakis yang banyak tumbuh di hutan pas untuk mengkonsumsi manusia. Pemakaian periode panjang makan beragam jenis pakis liar diketemukan bisa mengakibatkan kanker perut serta kerongkongan. Pakis jenis Pteridium aquilinum disebutkan punya potensi lebih tinggi mengakibatkan kanker ini. Cuma pakis jenis ostrich yang bebas dari senyawa beracun penyebab kanker. Karenanya, yakinkan pakis yang akan anda masak yaitu jenis yang aman, dan harus dikonfirmasi oleh tubuh pangan atau petani yang berkompeten dengan pakis

Sumber : http://www.mediainformasiislam.net/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " LUAR BIASA !!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. Jangan Lupa Di Bagikan Ya..! "

Posting Komentar