Gempa Berkekuatan 5 SR Kembali Guncang Aceh


Islamiqpos - Kondisi jalan retak di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Kamis (8/12). Gempa berkekuatan 6,5 SR pada Rabu pagi menyebabkan sejumlah ruas jalan retak dan mengalami kerusakan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jakarta Situasi di Aceh ternyata belum terbebas dari gempa. Kali ini terjadi gempa susulan di Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12/2016) sore. Gempa Aceh yang terbaru ini antara lain dirasakan warga yang berada di Jalan Banda Aceh-Medan, Kecamatan Uleeglee, Pidie Jaya.

Seperti dilansir dari liputan6.com, gempa memang sangat singkat yaitu sekitar 5 detik. Namun kejadian itu cukup mengaetkan banyak orang.  Warga serta petugas yang tengah mengevakuasi dua gedung yang roboh di sekitar lokasi gempa langsung berhamburan meninggalkan gedung.


Bom Hiroshima tak seberapa kuat dengan gempa Aceh pada Rabu (7/12) lalu. (Via: antaranews.com)

Polisi pun langsung memerintahkan petugas untuk menghentikan evakuasi dan menyelamatkan diri. Alasannya, dengan kondisi bangunan yang sudah roboh, gempa susulan sangat berpotensi membuat bangunan tersebut semakin hancur.
Selain itu, gempa susulan itu juga membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan panjang.

Selain karena jalanan yang dipenuhi warga dan petugas evakuasi, pengemudi kendaraan juga memutuskan untuk berhenti. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 5 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer dan terjadi pada jam 16.49 WIB, 9 Desember 2016.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi (jongkok) menghibur para anak korban gempa Aceh di posko pengungsian di Pidie Jaya, Jumat (9/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lokasi gempa berada di 5,38 Lintang Utara, 96,01 Bujur Timur. Tepatnya di 32 km Barat Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sebelumnya, Presiden Jokowi baru saja kembali ke Jakarta usai mengunjungi lokasi dan para korban gempa Aceh.

Sumber : http://www.bintang.com/

Baca Juga : Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Gempa Berkekuatan 5 SR Kembali Guncang Aceh "

Posting Komentar