Digital Leaf Color Chart, hasil karya anak Indonesia yang diakui dunia



Islamiqpos – Green Tech dari Gadgetan membahas tentang teknologi yang ramah lingkungan dan berguna bagi kehidupan banyak orang. Kali ini, Gadgetan akan membahas Digital Leaf Color Chart (DLCC), sebuah teknologi hasil karya anak Indonesia yang merupakan alat sensor optik digital pendeteksi warna daun untuk efisiensi pemupukan.

DLCC meraih juara ketiga pada kompetisi International Science and Engineering Fair (ISEF). ISEF adalah acara yang diselenggarakan  produsen chip Intel dan berlangsung 14-18 Mei 2012 di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.


DLCC
Cara kerja DLCC cukup sederhana yaitu menggunakan fototransistor yang bisa mendeteksi warna daun padi. Kemudian tempelkan alat sensor seperti barcode itu ke daun padi, maka akan tampil pada layar DLCC akan tampil ukuran pupuk yang harus disebarkan dalam hitungan kilogram per hektar.


Bagan Warna Daun tradisional


Selama ini petani menggunakan metode Bagan Warna Daun (BWD), yaitu cara pemberian pupuk pada padi berdasarkan skala warna yang ditunjukkan BWD. Namun cara ini punya kelemahan yakni jika warna padi tidak sesuai, maka akan dihitung dengan rata-rata, sehingga pemupukan dapat berlebihan atau bisa kekurangan.

DLCC adalah karya dari Muhammad Luthfi Nurfakhri, seorang siswa kelas 2 SMA Negeri 1 Bogor yang lahir  pada tanggal 6 Oktober 1995. Nama Luthfi terpilih di urutan tiga besar dari 1.549 finalis yang berasal dari 70 negara pada ajang ISEF bulan Mei kemarin.



Kini, teknologi DLCC mulai diaplikasikan di para petani di sekitar rumah Luthfi, awalnya para petani tidak percaya dengan alat ini karena takut menggunakan pupuk dengan kadar yang salah, namun setelah dicoba akhirnya mereka menyadari bahwa DLCC lebih optimal.

Luthfi senang sekali teknologi ciptaan dia aplikatif dan berguna untuk orang banyak, dia bercita-cita melanjutkan kuliah di luar dan menjadi ilmuwan untuk mengembangkan usaha pertanian di Indonesia. Well, teruslah berkarya Luthfi.

Sumber  : http://gadgetan.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Digital Leaf Color Chart, hasil karya anak Indonesia yang diakui dunia "

Poskan Komentar