Pelajar SD di Singkil Baca Yasin Sebelum Masuk Kelas

Alquran

Islamiqpos - , SINGKIL -- Dewan guru SD Negeri-1 Lipat Kajang, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, menerapkan "Yasinan" (membaca surat Yasin) kepada para murid setiap Jumat sebelum masuk kelas, untuk menumbuhkan anak-anak cinta Alquran.

Salah seorang guru, Ramlan di Lipat Kajang, Jumat (11/11) menyatakan, selain menanamkan budaya qurani yakni rasa cinta kepada Alquran, juga sekaligus mengokohkan landasan keimanan yang hakiki dan akhlaqul qarimah sedini mungkin bagi anak-anak.

Ia mengatakan, aktivitas membaca Alquran surat Yasin atau Yasinan itu juga untuk menanamkan rasa keimanan dan takwa kepada Alllah SWT, karena itulah para guru mengadakan yasinan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan masing masing kelas.

Dikatakan, program ini berdasarkan inisiatif kepala sekolah SDN 1 Lipat kajang itu sendiri Jamaliah yang sudah diterapkan kurang lebih tiga tahun yang lalu, pada tahun 2014 sampai saat ini. "Saya terharu melihat anak-anak SD ini bisa mengikuti bacaan surat Yasin, padahal mereka tidak melihat bacaan tersebut, karena sudah biasa selalu Yasinan di hari Jum'at sebelum masuk kelas," kata Ramlan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD II) Syafruddin mengaku sangat mengapresiasi program positif itu, karena kegiatan itu menempa anak anak menjadi disiplin dan sangat berguna meningkatkan khazanah keimanan kepada Allah SWT.

Syafruddin berharap seluruh Kepala Sekolah SD di wilayah UPTD II yang dipimpinnya harus bisa mencontoh kegiatan Yasinan yang dilakukan SDN 1 Lipat kajang itu, karena dengan membiasakan diri membaca Alquran mampu menjernihkan otak dan mencerdaskan anak,serta menjauhkan dari kelakuan yang buruk.

Selain itu, tambahnya, dengan hobi membaca Alquran, bukan tidak mungkin para pelajar nantinya menjadi benteng aqidah generasi mendatang dan meniru tauladan Nabi Muhammad SAW.

Sumber : Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pelajar SD di Singkil Baca Yasin Sebelum Masuk Kelas "

Poskan Komentar