Inilah Tiga Ikatan Setan Saat Manusia Tidur

Islamiqpos - Tidur merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh setiap manusia.
Terlebih lagi ketika tubuh telah letih beraktivitas seharian penuh, maka tidur menjadi salah satu solusinya.Biasanya setelah tidur dalam rentang waktu yang cukup lama, tubuh akan menjadi fit dan bisa beraktivitas kembali.

Inilah Tiga Ikatan Setan Saat Manusia Tidur

Namun tahukah kamu bahwa disaat kita tidur, ternyata setan akan menjerat dengan tiga ikatan. Sehingga apabila tidak terlepas maka ikatan-ikatan tersebut akan berpengaruh pada jiwa dan semangat seseorang. Khususnya semangat dalam beramal.

Oleh sebab itu kita harus berusaha agar bisa terlepas dari tiga ikatan setan tersebut. Agar tubuh kembali bersemangat dalam menjalankan aktivitas dan beramal. Lantas sperti apakah tiga ikatan setan tersebut ? Dan bagaimana cara melepaskannya ? Berikut penjelasan selengkapnya.

Disaat tidur, setan akan menjerat dengan tiga ikatan yang berada di tengkuk manusia. Dan disetiap ikatan setan akan mengatakan bahwa "Malam masih panjang, tidurlah." Selain itu setan tersebut akan terus berusaha agar manusia tersebut terus tertidur hingga pagi dan melewatkan shalat subuh. Dan saat terbangun ia akan merasa malas-malasan dan tidak bersemangat. Sehingga apabila hal tersebut terjadi maka setan dan pengikutnya akan tertawa terbahak-bahak.

Dan demikianlah cara setan bekerja, dimana ia tidak hanya berputus asa untuk menggoda dan menyesatkan manusia. Dengan beragam cara akan dilakukannya termasuk program rutin menjerat manusia setiap malamnya.

Bahkan dalam hal ini setan akan sangat serius melelapkan setiap manusia dalam tidur yang panjang. Setan memiliki anak buah khusus untuk menjalankan misinya tersebut. Dan anak buahnya tersebut bernama Haz. Dimana tiap malam setan Haz bekerja dengan memngelilingi barat dan timur demi mendatangi orang yang tidur sambil membisikkan rayuan,

"Tenanglah, tenanglah, malam masih panjang, tidurlah." ucap Haz mempengaruhi orang yang tidur.

Akan tetapi, Islam
telah mengajarkan cara-cara agar terhindar dan terlepas dari jeratan setan tersebut. Sehingga kita akan bangun dengan penuh semangat dan hati yang baik.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Bukhari)

Sehingga agar bisa terlepas dari tiga ikatan setan tersebut, maka tidak ada cara lain kecuali mengikuti petunjuk Rasulullah SAW, yaitu :

1. Bangun dan berdoa
Cara pertama agar terlepas dari ikatan setan adalah bangun dan berdoa. Dengan demikian bangunlah sebelum fajar dan berdoa,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

yang berarti "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan (membangunkan) kami setelah mematikan (menidurkan) kami dan kepada-Nyalah kami dibangkitkan." (HR. Bukhari)

Sehingga dengan bangun dan mengucapkan doa ini maka satu ikatan setan akan terlepas.

2. Berwudhu
Cara kedua agar terlepas dari ikatan setan adalah berwudhu. Hal ini dilakukan saat sebelum fajar. Namun tidak sedikit orang yang terbangun sebelum fajar, dan kalaupun terbangun kebanyakan hanya untuk ke kamar mandi kemudian tertidur lagi. Sehingga hal ini berarti bahwa ia belum lepas dari ikatan setan. Namun apabila ia terbangun dan berdoa lalu ia bermudhu, maka lepaslah ikatan setan yang kedua. Dan yang tersisa tinggal ikatan ketiga, yaitu ikatan yang terakhir.

3. Shalat
Cara terakhir agar seluruh ikatan setan terlepas adalah dengan melaksanakan shalat malam minimal dua rakaat. Sehingga setelah seorang manusia terbangun, lalu ia berdoa dan berwudhu serta kemudian ia melaksanakan shalat malam maka terlepaslah seluruh ikatan setan yang membelenggunya.

Sehingga jiwa manusia tersebut menjadi bersih dan bersemangat di pagi hari. Ia bersemangat menjalani kehidupannya, semangat beribadah, semangat beramal dan bersemangat menyemai kebaikan.

Namun selain dengan tiga cara tersebut, sebagian ulama juga menyatakan bahwa ada langkah pencegahan yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan yaitu berdzikir dan berdoa sebelum tidur seta menjaga adab-adabnya. Semoga bermanfaat.


Sumber: palingyunik.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah Tiga Ikatan Setan Saat Manusia Tidur "

Poskan Komentar